Mimpiku Diwujudkan Tuhan Part 2

Sedikit cerita dari sekian banyak mimpiku yang diwujudkan oleh Allah, tuhanku yang maha baik.


picy by @novianggaraa_



Suatu hari, tepatnya tahun 2015. Saat kuliah sedang libur beberapa bulan, aku melihat ada informasi kegiatan ENJ (Ekspedisi Nusantara Jaya) melalui internet. ENJ merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kemenkomaritim guna mewujudkan visi “poros maritim dunia”. Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 dilaksanakan pada tanggal 1 juni 2015 – 26 juni 2015, dengan rute pelayaran Jakarta – Makassar (Sulawesi Selatan) – Sorong (Papua Barat) – Saumlaki (Maluku Tenggara Barat) – Kupang (Nusa Tenggara Timur) – Jakarta. Jarak tempuh 6.850 km, melewati 7 lautan (Laut Jawa, Laut Makassar, Laut Banda, Laut Aru, Laut Timor, Laut Flores, dan Laut Sawu), dan bersandar di 4 pulau (Sulawesi, Papua, Maluku Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur). Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 ini, diikuti oleh kurang lebih 200 orang yang terdiri dari peserta dan panitia ENJ 2015, Satgas TNI-AL, serta anggota KRI BAC LPD 593.




Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya memiliki tugas utama, yaitu menyalurkan bantuan-bantuan sosial, seperti: Solar Cell, antenna parabola, beberapa set audio soundsystem, toren-toren penampungan air tawar, biskuit sekolah, biskuit ibu hamil, serta buku-buku bacaan untuk disumbangkan kepada masyarakat Indonesia Timur. Selain itu, Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 juga mengadakan kegiatan penukaran uang rupiah dan sosialisasi kewajiban penggunaan mata uang rupiah, serta mengadakan kegiatan pasar murah yang bekerjasama dengan Hypermart.


Saat itu, sepulang kuliah malam, Cyntya sedang menginap di rumahku. Aku langsung membuka laptop dan mengirim pendaftaran terlebih dahulu, baru aku rayu sahabatku Cyntya agar dia mau ikut. Awalnya ia merasa ragu, tapi aku yakinkan bahwa kegiatan ini sangatlah bagus dan akan banyak pengalaman yang bisa didapatkan, serta bisa mengunjungi timur Indonesia dengan gratis ke berbagai  lokasi sangatlah beruntung. Pada akhirnya Cyntya mau mandaftar dan aku membantunya untuk mengisi form pendaftaran serta menjawab beberapa pertanyaan sebagai seleksi awal. Aku bantu ia merangkai kata yang baik agar kami berdua bisa lolos seleksi.




Sebelum tidur kami berandai-andai jika kami berdua akan lolos seleksi. "Cyn, gimana ya rasanya naik kapal laut besar. Kaya Kapal Titanic kali yah?" tanyaku sambil berkhayal jauh. "Belum pernah juga gw, mabok ga ya?". "Persiapannya harus matang nih, kan hampir satu bulan di kapal laut". "Iya nih harus prepare banget dari jauh-jauh hari harus nyiapin perlengkapannya."  

Beberapa hari selanjutnya aku dan Cyntya banyak berbincang mengenai kegiatan tersebut. Mulai dari kemungkinan lolos seleksi, perlengkapan dan peralatan yang kami punya, mental sampai fisik. Yang ngga kalah penting adalah strategi libur kuliah jika lolos seleksi hhehehe

Setelah kami menunggu beberapa minggu, sampailah pada masa pengumuman pemenang. Malam itu, Cyntya menginap lagi di rumahku, kami membuka info peserta yang lolos seleksi ENJ 2015.


Search : Ade Noviyani (Nama tidak ditemukan)
Search : Cyntya Sulistya (Lolos)


"Serius ni ngga ada nama gw Cyn?" tanyaku heran
"Hahh masa sih?" jawab Cyntya tidak percaya

Search : Ade Noviyani (Nama tidak ditemukan)
Search : Cyntya Sulistya (Lolos)

"Ngga ada nama gw cyn."
"Yahh gimana ni ngga ikut deh gw kalo sendiri."
"Yahh sayang banget,, trus gimana dong?"
"Coba tanya panitia kali ya di rolling bisa ngga ya?"
"Oke-oke coba yaa."

Kami menghubungi panitia untuk rolling antara nama Cyntya dan namaku. Panitia ke 1 menjawab "Iya bisa, slot satu orang silahkan." ada pencerahan dari panitia ke satu. Keesokan harinya aku dan Cyntya mempersiapkan kabutuhan untuk pemberangkatan. 


"Cyn, gw masih ga yakin tapi nih, beneran bisa ngga ya?" Tanyaku meyakinkan.
"Tanya lagi aja kali ya?" jawab tya.

Kami menghubungi panitia untuk kedua kalinya. 

"Mohon maaf tidak bisa di rolling, nama sesuai yang diumumkan, jika tidak bisa berangkat maka akan dibiarkan kosong." Jawab panitia.

"Yahh gimana ini cyn? udah lu aja gapapa berangkat sendiri."
"Yahh masa gw sendiri sih, kan yang daftarin lu nov, ngga enak gw."
"Ngga apa-apa itu rejeki lu cyn, udah dicoba ke panitia juga ga bisa kan. Gapapa berangkat aja."

______________

Cyntya berangkat menuju titik pemberangkatan di Kolinlamil Jakarta dengan membawa semua perlengkapan. Aku tidak bisa mengantar Cyntya saat itu karena aku ada suatu pekerjaan. Kecewa memang, kapan lagi bisa mengunjungi timur Indonesia tanpa biaya, karena menuju Indonesia Timur dengan biaya pribadi sangat jauh dari harapan. Ditambah dengan kegiatan di ENJ yang sangat banyak ilmu serta teman baru. Ahhh yasudahlah, itu rejeki Cyntya. 

Cyntya melanjutkan Ekspedisi Nusantara Jaya menggunakan KRI Banda Aceh 593 dan menikmati Indahnya Indonesia.

Panitia ENJ 2015



Beberapa kali Cyntya memposting foto saat berkegiatan. Masih ada rasa kecewa dalam hatiku. Jika rasa kecewa itu datang, aku selalu berdo'a dalam hati. "Semoga suatu saat ada rejeki entah dengan cara apa aku bisa berkunjung ke Indonesia Timur." 

Sesekali aku berkomunikasi dengan Cyntya saat ia sedang mendapat sinyal, karena ada beberapa area di laut yang tidak ada sinyal telepon. Cyntya pulang 27 hari kemudian membawa sejuta pengalaman serta ilmu baru. Aku senang mendengarnya. Ditambah ia membawakan aku bingkisan kaos oleh-oleh dari papua.


*************************************

Tahun 2018





"Cyn, tebak gw lagi dimana?" 
"Hahh?? dimana?"
"Jayapura."




"Dalam rangka apa ke Jayapura?"
"Dalam rangka dikasih ijin sama Allah untuk ke Indonesia Timur".

Dan Allah mengijinkanku untuk ke Indonesia Timur serta ke banyak daerah lainnya :)










Semakin dewasa, semakin malu jika memiliki pikiran negatif.
Rasanya seperti tidak percaya akan kuasa Allah.
Terima kasih untuk semuanya ya Allah. 
Aku tidak menyangka, mimpiku diwujudkan secara tiba-tiba.

______________________

~Kini aku mengerti,
Bahwa Allah menciptakan impian
Dan juga dapat mewujudkannya.
Walau dengan cara yang berbeda.
Di waktu yang tidak terduga.~
______________________


Baca juga : Mimpiku Diwujudkan Oleh Tuhan Part 1


Terima kasih sudah membaca 

Find me on Instagram : https://www.instagram.com/novianggaraa_/

Komentar